Selasa, 13 Maret 2012

Ekosistem Bakau Di Tahura Ngurah Rai Denpasar

                                                Hutan Mangrove




       Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut  

Hutan Mangrove di Tahuma Ngurah Rai Denpasar
                  Letak Astronomis
       TAHURA Ngurah Rai terletak antara 115̊̊  10’ - 115̊ 15’ BT dan 8̊ 41’ - 47’ LS.
Letak Relatif
      TAHURA Ngurah Rai berada  di sebelah timur pantai sanur, sebelah barat pantai Kuta, dan di sebelah   selatan kawasan wisata nusa dua.
Tahura Ngurah Rai terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai. Berada di sebelah kiri jalan By Pass Ngurah Rai jika Anda dari Sanur menuju ke arah Bandara Udara Ngurah Rai. Jika Anda melihat sebuah papan bertuliskan “Badan Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I”, Anda tinggal belok ke kiri dan akan menemukan kawasan Hutan Mangrove.
Proyek Pengembangan Pengelolaan Hutan Mangrove Lestari dibantu JICA dalam melaksanakan proyek pada tanggal 4 Nopember 1992 sampai dengan tahun 1999. Tujuannya adalah untuk melaksanakan investasi guna mendukung kegiatan reboisasi dan pengelolaan hutan mangrove berkelanjutan. Hasilnya adalah rehabilitasi hutan mangrove seluas 253 Ha. Proyek ini dilanjutkan dengan proyek lanjutan sebagai sarana pendistribusian hasil proyek terdahulu kepada masyarakat dengan memperkuat sistem penyuluhan dan pengelolaan hutan mangrove secara lestari, pada tanggal 15 Mei 2001 dan berakhir tanggal 14 Mei 2004 dengan nama Proyek Pusat Informasi Mangrove (Mangrove Information Center/MIC). Kantor MIC berada di tengah kawasan Tahura Ngurah Rai.

 Tahura Ngurah Rai berada di dua Kabupan/Kota yaitu di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Tahura Ngurah Rai Merupakan muara dari sungai Tukad badung dan Tukad mati yang merupakan sungai utama di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Hutan bakau di Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali ini menjadi kawasan hutan mangrove terbaik di Indonesia, bahkan sekawasan Asia.
Kawasan seluas hutan mangrove ini ditata sedemikian rupa, dihubungkan dengan jalan setapak, sehingga menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat kota Denpasar maupun wisatawan mancanegara. Masyarakat setempat juga biasa menjadikan kawasan hutan bakau sebagai tempat rekreasi seperti memancing ikan. Sebelum ditetapkan sebagai Tahura, areal tahura banyak digunakan sebagai tambak oleh masyarakat sekitar. Selama tahun 1994-2006 hutan mangrove di Tahura ini mengalami perluasan meningkat menjadi sebesar 975.42 ha. Keadaan ini menunjukkan bahwa dalam jangka 12 tahun luasan tanaman mangrove telah meningkat luasanya sebesar 488.61 ha atau dengan kecepatan pertumbuhannya mencapai 40.72 ha per tahun. Keberadaan Mangrove Information Center (MIC) (Pusat Informasi Mangrove) sangat berpengaruh terhadap peningkatan luasan tanaman mangrove pada Tahura Ngurah Rai. MIC mempunyai mempunyai fungsi sebagai pusat pengelolaan dan pelatihan mangrove yang berkelanjutan sehingga bisa merealisasikan keberadaan wisata alam hutan mangrove di kawasan Tahura Ngurah Rai
 Keanekaragaman Jenis Flora 
      Keanekaragaman jenis tumbuhan di hutan mangrove biasanya terbagi atas beberapa zona atau yang disebut dengan zonasi berdasar ciri ekologi masing-masing zona. Secara umum di Tahura Ngurah Rai terdapat 16 jenis mangrove yaitu :
     1.  Sonneratia alba                       (Prapat)         
     2.  Rhizophora apiculata              (Bakau Putih) 
     3.  Rhizophora mucronata,          (Bakau-bakau) 
     4.  Bruguiera gymnorrhyiza         (Tancang)  
     5.  Rhizophora stylos
     6.  Avicennia marina                    (Api-api)
     7.  Xylocarpus granatum              (Nyirih)
     8.  Excoecaria agalocha              (Buta-buta)
     9.  Ceriops tagal                           (Lindur)
    10. Aegiceras corniculatum          (Dudun agung)
    11. Avicennia officinalis
    12. Bruguiera cylindrical
    13. Sonneratia caseolaris
    14. Lumnitzera racemosa
    15. Ceriops decandra
    16. Phemphis acidula 




| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar